Kemuning: Eat, Meet Up and Kebun Teh!

IMG_0739

Sebelum mulai PKPA (Praktek Kerja Profesi Apoteker), saya sudah berencana mau mengunjungi sahabat-sahabat saya mulai dari Sherly di Jakarta, Lia di Surabaya, Laras di Solo, dan terakhir main bareng Yaya di Jogja setelah PKPA. Kebetulan minggu lalu Lia juga pas di Jogja, jadilah kami berdua main naik kereta dari Stasiun Lempuyangan ke Solo. Jugijagijug…

Dari seminggu sebelumnya, Lia memberi tahu saya bahwa di Kemuning, Karanganyar ada kebun teh peninggalan Belanda dan ada sebuah kafe unik di dekat kebun teh tersebut. Wah, saya baru tahu ternyata ada kebun teh gak jauh-jauh dari Jogja. Jadilah kami gugling-gugling dan akhirnya kami sepakat untuk main ke sana dengan Laras. Sesampainya ning Setasiun Balapan, kutha Solo sing dadi kenangan (eh malah nyanyik..), kami berdua sudah disambut oleh Laras di pintu keluar. Yay! Kangen banget sama Laras karena udah lama banget kami ga main bareng. Karena kami sampai di Solo sekitar pukul 7.00 dan kami kelaperan dan belum sarapan, Laras mengajak kami sarapan timlo di Warung Timlo Sastro. Endeus!

Setelah kekenyangan mengudap (errr..) timlo, kami pun meluncur ke arah RS Dr. Oen untuk menjemput saudara sepupu Laras, Imas. Kami pernah main bareng Imas waktu kami masih semester 2 atau 3, yang mana sekitar 4 tahun yang lalu. Waktu itu si Imasnya masih kecil banget, masih SMP. Eh, sekarang dia udah gede banget, udah kuliah semester 2 di UNS. Huhuhu, time flies yah, jadi diingetin kalo udah tua😥. Anyway, si Imas ini udah pernah ke kebun teh jadi dia dengan resmi kami tunjuk sebagai gude kami untuk hari itu!

Perkebunan Teh Kemuning terletak di Karanganyar yang ditempuh dalam waktu sekitar 30-40 menit dari pusat Kota Karanganyar atau sekitar 1 jam dari pusat Kota Solo. Kebun teh yang terletak di lereng Gunung Lawu ini merupakan kebun teh peninggalan jaman Belanda yang masih eksis hingga sekarang dan dikelola oleh PT Sumber Abadi Tirta Sentosa tercatat sebagai pemilik perkebunan ini sementara PT Rumpun Sari Kemuning berperan sebagai perusahaan yang menjalankan produksi teh. (source: here and here)

How to get there: Hanya satu jalan utama menuju Kebun Teh Kemuning yakni melalui jalur Solo-Tawangmangu. Sesampai di pertigaan setelah Terminal Karangpandan, Anda harus berbelok kiri menuju arah Ngargoyoso.

DSC04365

Sesampainya di areal perkebunan teh, Laras memarkirkan mobilnya di pinggir jalan dan kami berjalan menyusuri kebun teh yang terhampar luas di perbukitan Telettubies. Wuih pokoknya pemandangannya cantik banget! Hijau sepanjang mata memandang dengan background pegunungan, persis gambar pemandangan tipikal anak SD jaman dulu. Wah, pokoknya berasa jadi Sherina di film Petualangan Sherina, minus Saddam tapinya hahaha. Langsung deh kamera-kamera dikeluarkan dan sesi foto pun di mulai!

Untitled-1

IMG_0737

IMG_0680

DSC04379

Untung ga nemu keluarga ulet yang sukanya “pucuk! pucuk!”

IMG_0733

Setelah satu jam, matahari mulai makin terik dan kami pun mulai mati gaya dan kelaparan. Akhirnya kami pun beranjak dari areal perkebunan teh menuju ke Rumah Teh Ndoro Donker. Ndoro Donker sendiri dulunya adalah rumah milik seorang Belanda yang bernama Ndoro Donker. Waktu itu sekitar jam 11 siang, Ndoro Donker yang buka pukul 10.00 sudah dipenuhi oleh pengunjung. Langsung kami cepat – cepat cari tempat parkir, turun, mencari tempat duduk, dan memesan. Cerita tentang Ndoro Donker akan di bahas di postingan selanjutnya ya!🙂

IMG_0820

Setelah dari Ndoro Donker kami menuju ke arah Tawangmangu untuk…. makan lagi! Yah, berhubung di Ndoro Donker kami Cuma ngeteh dan ngemil-ngemil (heheh) jadi masih ada ruang di perut untuk mencoba Sop Buntut Bu Ugi yang katanya terkenal banget itu. Benar saja, sampai di sana kami menemui sebuah warung sederhana yang dipenuhi oleh manusia. Maklum sih waktu itu jam makan siang. Untungnya kami mendapat tempat duduk dan kami langsung memesan sop buntut campur iga plus nasi putih. Pelayanannya sangat cepat, pesanan kami langsung datang tak lama. Semangkuk sop buntut dan iga sapi dalam kuah bening yang ditemani sebongkah kentang dan wortel rebus dan ditemani sepiring nasi putih dan es jeruk. Sadap! Untuk review Sop Buntut Bu Ugi bisa dibaca di sini.

DSC04435

Voila, Sop Buntut Bu Ugi yang endeus bambang gulindeus

Selesai makan saatnya membayar! Tapi ternyata Laras yang nraktir kami, katanya sih syukuran dia abis pengangkatan kerja. Hihih, makasih Laras semoga selalu sukses karirnya🙂 setelah makan sop buntut kami pun kembali ke Solo. Kami mengantar Imas pulang sekalian mampir untuk meng-copy foto-foto hasil main sesiangan tadi. Sampai di rumah Imas ternyata sudah pukul 4 sore, sepertinya tidak cukup waktu untuk mengejar kereta pukul 5 sore ke Jogja. Ya sudah saya dan Lia pun berencana kembali ke Jogja dengan kereta pukul 8 malam. Setelah pamit dengan Imas, kami bertiga meluncur ke kos Laras. Si Lia tiba-tiba ngidam cimol. Demi apa?! Mampir lah kami ke area Stadion Manahan yang ramai dengan pedagang makanan dan sepeda hias, tapi cimol tidak dapat ditemui akhirnya Lia pasrah dan membeli cakwe. Eh ternyata enak hahaha. Cakwe nya agak aneh karena dicampur bumbu kacang dan kecap, tapi enak!

Sesampainya di kos Laras, saya dan Lia gegoleran di kamar, ngemil cakwe dan nonton Junior Masterchef sambil menunggu Laras mandi. Setelah Laras selesai mandi, dia pun mengantar kami berdua ke Stasiun Purwosari yang ternyata deket banget dari kos Laras. Sampai di Purwosari saya dan Lia langsung membeli tiket. Laras menemani kami sampai waktu keberangkatan kami hampir tiba sambil ngobrol dan hahahihi. Akhirnya kami pun berpisah. Hari yang cukup melelahkan tapi sangat menyenangkan karena akhirnya bisa ketemu lagi dengan teman lama. Went to great place, ate great foods with great people. What a day! Sampai ketemu lagi Laras dan Imas!🙂

Untitled-2

Cheers!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s