[Hostel Review] Roommates Hostel, Penang

Di Penang nginep di mana ya?

Browsing hostel yang mau ditempati selama trip itu cukup susah. Harus cocok sama harga, fasilitas, lokasi, dll. Pokoknya udah kaya cari jodoh deh! (Halah)

3

Akhirnya setelah sempat ditolak oleh suatu hostel yang dipinginin dan pusing-pusing ngubek-ngubek hostelworld, akhirnya ga sengaja nemu list hostel yang punya rating bagus. Dan pilihan jatuh kepada Roommates Hostel.

Roommates ini mengklaim dirinya sebagai hostel terkecil di Penang, karena hostel ini cuma punya 2 kamar dorm yang masing-masing kamar berisi 8 bed. Hostel ini lokasinya cukup bagus yaitu di daerah kota tua Georgetown, di Lorong Chulia, yang berada dalam jangkauan jalan kaki dengan beberapa destinasi wisata seperti Chowrasta Market, Little India, Clan Jetty, KOMTAR, Goddess of Mercy Temple, Mahariamman Temple, Masjid Kapitan Keling, Khoo Kongsi, dll.

Tempat perhentian bis dan 7eleven juga hanya 5 menit berjalan kaki. Selain itu juga banyak terdapat tempat makan segala jenis mulai dari chinese food, indian food, melayu, cafe, dan kalau malam banyak tukang jualan makanan yang menggoda di sepanjang Jalan Chulia.

1

Kamar hostelnya ada 2 jenis: Standard Room (30 RM) dan Superior Room (32 RM), dan saya memilih Superior Room. Bedanya cuma di bed yang lebih luas dan kasur dan bantal yang lebih empuk aja sih hehe #penting. Dengan harga segitu saya udah dapet breakfast (toast+jam), kopi/teh/air putih sekembungnya (lumayan ngirit bekal minum kalo jalan-jalan, jangan lupa bawa botol air minum), wifi gratis, komputer berinternet yang bisa dipake tapi harus gantian, handuk gratis, dan adaptor yang juga gratis. Di dalam hostel cuma ada 2 kamar mandi yang ada toiletnya di lantai bawah dan 1 toilet di lantai atas. Emang dikit sih, tapi penghuni hostelnya juga cuma sedikit jadi ga antri-antri banget.

Secara keseluruhan, hostelnya bersiiih banget. Kamar tidur maupun kamar mandi selalu rutin dibersihin sama om-om guesthouse person. Selain itu masuk ke dalam hostel harus copot sepatu jadi lantainya juga bersih. Kamarnya sendiri ber AC dan ada tirainya, jadi cukup dapet privacy walaupun tinggal di dorm. Tapi di sini ga disediain selimut, jadi kalo malem bisa kedinginan juga. AC nya cuma nyala dari jam 6 sore sampai jam 6 pagi, tapi kalo siang cukup adem kok kamarnya, karena ada kipas angin dan kamarnya emang sejuk. Trus di tiap bed juga ada colokan, lampu, dan keranjang kecil untuk naruh charger atau apapun. Kekurangannya sih mungkin lantainya yang parquet itu ya jadi kalo jalan agak berisik. Agak ribet sih kalo pagi kudu jalan pelan-pelan soalnya yang lain masih molor.

2

Yang paling saya suka dari hostel ini adalah common room– nya. Cozy banget! Banyak beanie-beanie yang bersebaran gitu, jadi kalo udah capek jalan-jalan atau kepanasan abis jalan-jalan bisa balik ke hostel (karena deket banget dari mana-mana) terus boboan deh di beanie itu hehehe. Terus tamu-tamu hostelnya juga pada ngumpul di common room, entah ngenet, wifian atau apa. Kita bisa saling sekedar say hi atau nanya rencana mereka hari ini ke mana. Yah, berkat ngobrol-ngobrol di common room itu kami jadi dapet temen jalan baru! (Denty sih yang berjasa hahaha)

4

Penjaga hostelnya rata-rata udah bapak-bapak gitu. Eits, tapi walaupun bapak-bapak tapi ramah banget, rajin bersihin hostel dan pinter banget jelasin tentang destinasi-destinasi wisata atau kuliner di Penang dan gimana cara kesananya. Yang lucu, waktu kami nanya lokasi tempat makan Nyonya Laksa yang terkenal bapaknya malah bilang “Halah, sebenernya Laksa dimana-mana rasanya sama kok. Dia terkenal karena masuk website aja.” Lol! Kalo kita bingung mau kemana juga di hostel banyak ditempel info-info tentang daerah wisata/kuliner kok. Banyak free map atau selebaran tentang daerah-daerah wisata gitu juga.

6

Pengalaman tinggal di Roommates Hostel ini merupakan pengalaman pertama saya tinggal di hostel. Untungnya pengalaman pertama tinggal di hostel ini menyenangkan. Next time kalo saya ke Penang lagi saya mau tinggal di hostel ini lagi!😀

Cheers!

7 thoughts on “[Hostel Review] Roommates Hostel, Penang

  1. halo mbak, maaf mo tanya mengenai roommates ini..kebetulan ak januari ke penang, lg cari penginapan…utk kamar spertinya sdh OK ya kliatannya, tp utk kamar mandi dan toilet kurang…jd ada 2 dibawah, dan 1 diatas ya? shower utk toilet nya ada ya slain flush? sori nih jd byk nanya, soalnya ada temen trip ku yg rada susah klo mengenai WC…btw ada foto kamar mandi dan toi nya ga?

    thanks ya mbak

    • maaf baru balas..untuk kamar dan service sudah ok, lokasinya juga ok..untuk kamar mandi 2 kamar mandi ada toilet di lantai 1, shower toilet flush dan wastafel. kalo saya bilang sih bersih kamar mandinya. untuk yang di lantai 2 itu hanya toilet saja, duduk, flash.. mungkin kekurangannya kalo yang di atas itu agak sempit jd kurang nyaman, saya prefer di bawah.

      walopun cuma 2 tapi karena kapasitas guestnya memang kecil jadi ya ga antri juga sih.. untuk foto kamar mandi maaf saya gak foto ^^”

      • untuk halte bus berbayar deket banget. tinggal keluar gang udah halte.. untuk CAT jalan dikit ke deket campbell market kalo ga salah bisa naik CAT dari situ🙂 have fun liburan di penangnya! Jangan lupa nyobain street foods di deket hostel kalo malem! Advance Happy New Year😀

    • duh telat banget tau ini. kayaknya pernah baca reviewnya di virginmojito tapi udah telat, keburu booking di roommates haha.. next visit kalo ke penang bakalan nyoba Hutton lodge deh.. thanks commentnya!🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s