Book A Week: Kocchimuite, Miiko!

Dulu, saya sering baca komik. Bahkan saya sempat punya ‘obsesi’ untuk melengkapi koleksi komik saya macam Detektif Conan, Doraemon, Throbbing Tonight, Born to Cook, Kungfu Boy, dll. Sekarang saya sudah sangat jarang membaca komik, disamping karena malas mengikuti cerita-cerita ruwet yang ngga ada habis-habisnya, juga karena harga komik makin mahal. Bayangin, sekarang harganya mencapai Rp 17,500 !! buat 1 komik tipis aja.. Untuk komik tebel macem Popcorn bisa 35,000 an tuh TT^TT akhirnya saya nyerah beli komik.. Tapi, ada satu komik yang saya bela-belain buat beli nih, judulnya Kocchimuite, Miiko! atau versi Indonesianya: Hai, Miiko!

miiko

Hai, Miiko! merupakan karya komikus Jepang Ono Eriko yang bercerita seputar Miiko dan keluarganya (Mama, Papa, Mamoru, Momo) dan teman-teman sekelasnya di kelas 5 SD Suginoki. Setiap jilid komik berisi sekitar 10 cerita lepas tentang petualangan Miiko dan kawan-kwan. Yaa, mirip-mirip Doraemon gitu lah, tapi Miiko ini ceritanya lebih ke cerita sehari-hari anak kelas 5 SD yang biasa aja..

miiko-and-friends-kocchimuite-miiko-22972460-336-400

 

Sebenernya, komik ini lebih untuk anak-anak umur 11-13 tahun gitu, tapi suka aja baca kepolosan dan ketololan Miiko. Apalagi pas cerita  tentang Miiko sama Tappei. Gemes! Yang agak bikin sebel adalah si Miiko ini sama temen-temennya selalu kelas 5SD! Padahal udah berapa kali ada cerita natalan, valentine, tahun baru, ulang tahun, tapi teteup ngga naik-naik kelas..hiks.. Padahal penasaran abis sama Miiko waktu gede nanti gimana kelanjutannya sama Tappei😀

Oiya, Miiko ini kadang-kadang ada cerita tentang masa depan juga sih. Biasanya tiba-tiba muncul peramal random yang suka jualan barang-barang aneh (macam coklat yang bikin orang yang makan di depan kita jadi suka sama kita) atau ngasih liat Miiko tentang masa depan dia yang ujung-ujungnya sih ngeliatin si Miiko sama Tappei berduaan (ihik). Kayaknya Ono Sensei tau banget kalo pembacanya gemes sama Miiko-Tappei :”)

Miiko - Tappei di masa depan (SMA)

Komik Hai, Miiko! ini menurut saya wajib dibaca untuk anak-anak SD. Kenapa? Karena selain cerita-cerita kocaknya, Hai, Miiko! juga memberikan cerita-cerita yang mengedukasi dan banyak pesan yang dapat diambil, beberapa diantaranya adalah cerita tentang teman Miiko yang terkena kanker tapi pintar menggambar, pengalaman mengharukan Miiko dan Tappei di Bomb Dome di Hiroshima, cerita tentang anak yang baru pindah ke kelas Miiko karena harus mengungsi akibat radiasi Fukushima, juga cerita tentang Miiko dan teman-teman  perempuannya yang mulai menunjukkan tanda-tanda menuju remaja, dan masih banyak cerita lainnya. Ono sensei kadang juga membuat cerita yang diilhami dari surat-surat pembacanya lho, sehingga cerita-cerita Miiko sangat dekat dengan kehidupan anak-anak pada umumnya.

1HaiMiiko-24_FID_252x400

Sebenernya Hai, Miiko! ini semacam guilty pleasure saya. Gimana nggak, udah bangkotan gini masih baca cerita yang tokoh utamanya anak kelas 5SD! :)) Tapi serius, komik ini sangat bagus untuk dibaca!🙂

Cheers!

PS: seriously, ga sabar pengen tahu gimana masa depannya si Miiko ini. Apa kabar hubungan dia sama Tappei :))) Di komik Hai Miiko terbaru diceritain sih masa depan mereka, tapi kata si peramal, masa depan itu bisa diubah kalo kita mau.. Tapi kayaknya Miiko-Tappei suka tuh dengan masa depan mereka :)))

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s