5cm The Movie: Just My 2 Cents

5cm-edisi-final-poster-666x1024 copyright 5cm-legacy

Kayaknya makin banyak aja ya buku-buku Indonesia yang difilmkan. Pertengahan tahun ini ada Perahu Kertas 1 dan 2 yang menguasai bioskop dan boleh dibilang sukses lah. Nah akhir tahun ini ada 5 cm, film yang diadaptasi dari buku dengan judul yang sama yang waktu saya SMA (ehem, 6 tahun lalu) sempat sangat bikin heboh dunia persilatan .. Sampe buku saya dipinjem ke mana-mana gitu dan sampai sekarang belum balik😥

Anyway, ini beberapa hal tentang film ini dari sudut pandang saya:

  1. Fedi Nuril and Herjunot Ali are super hot (duh!!)
  2. Ian (Igor Saykoji) itu super lucu dan kocak! Masih terheran-heran kenapa dia bisa awet muda dan menggemaskan gitu ya? Padahal udah punya anak istri🙂 Zafran (Herjunot Ali) juga super lucu! Pokoknya Ian – Zafran dynamic duo lah😄 sendiri – sendiri aja lucu apalagi berdua..
  3. Gara – gara Fedi Nuril jadi salah satu pemerannya, pas nonton film ini berasa lagi nonton iklan rokok apa kopi gitu.. Sama iklan indomie dan sprite juga XD Oh iya, scoring film ini sama pemandangannya bikin saya gak bisa gak inget The Lord of The Ring. Pokoknya LoTR banget deh😀
  4. One does not simply eat toast with kecap bango! Iyuhhhhh…
  5. Perjuangannya si Ian nyelesein skripsi bener – bener menampar deh TT Kalo Ian bisa, saya pasti bisa o7
  6. IMHO, perannya Deny Sumargo (Times New Roman Arial) agak overshadowed sama peran-peran lain. Entah karena tokoh Arial sendiri emang karakternya kurang kuat atau karena film ini lebih fokus ke tokoh-tokoh yang lain /shrugs/
  7. Selayaknya film yang diangkat dari buku, banyak banget bagian-bagian yang menurut saya penting banget tapi dihilangkan.. Yah ga mungkin juga sih bener-bener tiap kata dijadiin film. Bisa 4 jam nanti filmnya.. Tapi sayang banget, kok menurut saya filmnya lebih menonjol ke cinta segiempatnya dibandingin rasa nasionalisme yang  nyampe banget waktu saya baca bukunya. Ada quote-quote penting yang ga tersampaikan. Ada juga bagian – bagian penting yang dihilangkan yang bikin ending filmnya beda dari buku. Tapi saya lebih bisa menerima ending di film daripada di buku sih🙂
  8. Buku 5 cm itu menurut saya puitis – romantis. Banyak dialog – dialog atau monolog puitis yang ‘quotable’. Tapi ga tau kenapa, waktu di film jadi kerasa terlalu cheesy dan bukannya terharu atau tersentuh saya malah ngakak geli. Haha, maaf tapi saya geli banget kalo denger  kata – kata yang terlalu puitis gitu.. Baca aja gak masalah, tapi kalo udah denger…. ==”
  9. Videography film ini menurut saya bagus. Bukan cuma waktu mereka naik gunung aja lho ya, tapi keseluruhan gambar dari film. Terutama waktu di stasiun kereta dan di dalem kereta. Eksotis banget dan Indonesia banget!! Tapi sering beberapa adegan terlalu lebay menurut saya. Kayak waktu di dalam kereta ada yang pakai baju daerah (seriously) trus waktu upacara bendera di puncak juga menurut saya tokoh utama terlalu jadi pusat perhatian. Dan waktu tokoh utama selesai ngomong semuanya lalu serempak salaman. Please..
  10. Indonesia itu cantik banget! Serius. Mahameru itu hanya satu bagian kecil dari Indonesia aja. Di Pulau Jawa lagi yang penduduknya banyak. Bayangin daerah – daerah lain di Indonesia yang jarang diekspos. Bener – bener semua orang di bioskop “waaaahhhh” berjamaah waktu shoot pemandangan mahameru. /gasp/ EYEGASMIC!

Rating: 3,5/5

Saya jarang nonton film Indonesia. Saya juga bukan orang film. Bagus itu relatif, tapi menurut saya 5 cm adalah salah satu film terbaik yang pernah saya tonton. Saya bisa merasa bangga jadi orang Indonesia waktu nonton film ini. Saya tersentuh waktu pemeran utama berkaca – kaca terharu dan bilang dia cinta Indonesia di puncak Mahameru. Film ini begitu membekas dan waktu perjalanan pulang ke rumah saya berpikir “Hey, Indonesia is not bad at all..”

Indonesians, go watch this movie!

Cheers!

PS: Nidji’s songs for this movie OST is nice!

Leave a Reply

