The Life of Pi: When A Great Book Meet An Awesome Director

life-of-pi-1

Sekitar dua minggu lalu, di timeline twitter ada berita tentang film Life of Pi. Hah? Apa? Seriusan? :O Saya ga percaya kalo ada yang mau membuat film Life of Pi. Maksud saya, Life of Pi begitu mustahil untuk difilmkan, life action lagi.. Saya sempat skeptis dan sempat mengira kalau ini akan menjadi film animasi dan semacamnya. Kemudian saya mulai googling dan ternyata Ang Lee adalah sutradara film ini (dan bukan animasi seperti dugaan saya!) dan dari review-review yang saya baca juga memberikan komentar positif. Saya langsung tertarik untuk menonton.

Akhirnya kemarin saya nonton, in 3D. Dan SAYA PUAS!

Membuat film adaptasi dari buku itu sangat susah dan kadang tidak sesuai seperti imaji pembacanya, tapi Ang Lee sangat berhasil membuat apa yang ada dalam bayangan saya (dan kebanyakan pembaca) waktu membaca buku karangan Yann Martel ini tervisualisasikan dalam gambar HD, kaya warna, dan 3D; persis seperti yang saya bayangkan! Bisa dibilang I’m visually satisfied!🙂 Film ini juga dapat merangkum buku tersebut sedemikian rupa hingga tidak ada pesan yang ingin disampaikan oleh pengarang yang tertinggal atau menjadi potongan tidak perlu.

Suraj Sarma, pemeran Pi muda di film ini, juga perlu mendapatkan standing ovation untuk actingnya. Dia benar-benar membuat kita percaya bahwa di kapal ada seekor harimau bengali yang ganas bernama Richard Parker. Kenyataannya, harimau tersebut hanya suatu buatan teknologi tinggi animasi CGI (Computer Generated Imagery).

Ga rugi banget nonton 3D. Ada beberapa adegan dimana saya ternganga melihatnya. Starstruck. Awe. You name it. Sangat indah. Ada beberapa scene yang membuat  kami sebioskop teriak-teriak dan misuh-misuh. Dan diakhir filmnya membuat saya tersenyum dan tersentuh. Jangan kuatir untuk yang belum membaca buku ini, karena anda tetap akan paham tentang inti dari film ini dan akan mendapat pengalaman yang (hampir) sama seperti anda membaca bukunya.

Ada satu bagian dari buku yang tidak difilmkan. Tapi saya hampir lupa, karena hampir semua poin penting dari buku ini ada di film. Selain itu, saya merasa film ini rasanya cepat selesai, padahal nggak juga ^^”

Awesome is definitely an understatement for this movie, the director, the people behind the movie, and the actors. Dan sesuai dengan tagline dari bukunya, cerita ini akan membuat anda percaya pada Tuhan.

Nilai: 4,5/5

Selamat menonton🙂

Cheers!

PS. untuk spoiler cerita bisa baca post saya tentang buku Life of Pi 2 tahun lalu di sini.

PPS. Richard Parker is the most unyu unyu thing in this movie, just saying😉

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s