24 March: World Tuberculosis Day

Hah, hari gini masih ada TB??

Jangan salah, justru TBC merupakan salah satu penyakit paling mematikan di dunia dan sepertiga dari populasi dunia terinfeksi TBC. Wow, banyak banget ya?!

Tanggal 24 Maret dirancang untuk membangun kesadaran masyarakat bahwa sampai sekarang TBC tetap menjadi epidemi di sebagian besar dunia, menyebabkan kematian beberapa juta orang setiap tahunnya, kebanyakan di negara-negara berkembang. Pada tahun 2009, WHO melaporkan ada lebih dari 289.000 kasus TBC baru di Indonesia, yang mengakibatkan kematian 61.000 orang.

Source: here

Terus, apa sih TB itu?

TB atau Tuberculosis adalah suatu penyakit infeksi mematikan yang biasanya disebabkan oleh Mycobacterium tuberculosis. Tuberkulosis biasanya menyerang paru-paru namun juga bisa menyerang bagian tubuh yang lain. Penyakit ini menyebar melalui udara ketika orang yang terinfeksi bersin, batuk, atau meudah. Kebanyakan, infeksi pada manusia tanpa gejala, yang satu dari sepuluh berkembang menjadi penyakit aktif yang jika tak dirawat akan membunuh 50% dari penderita.

TBC adalah salah satu penyakit infeksi yang paling luas penyebarannya di dunia, terutama di negara dengan pelayanan kesehatan buruk. Batuk parah saja cukup menyebar bakteri dari pasien ke orang sekitar. Tapi sudah lama tidak setiap penularan berkembang jadi penyakit. Menurut WHO, 9,3 juta orang tertular TBC tahun 2007 dan 1,7 juta di antaranya meninggal. Di antara pengidap HIV/AIDS penyakit ini adalah penyebab kematian utama.

Indonesia menduduki peringkat ke-3 negara dengan jumlah penderita TB terbanyak di dunia setelah India dan China. Jumlah pasien TB di Indonesia adalah sekitar 5,8 persen dari total jumlah pasien TB dunia. Di Indonesia, diperkirakan setiap tahun terdapat 528.000 kasus TB baru dengan kematian sekitar 91.000 orang. Angka prevalensi TB di Indonesia pada tahun 2009 adalah 100 per 100.000 penduduk dan TB terjadi pada lebih dari 70 persen usia produktif.

Tanggal 24 Maret diperingati sebagai World TB Day atau Hari TB Sedunia. Peringatan ini untuk mengingatkan bahwa TB telah ditemukan sejak lama, yaitu lebih dari 100 tahun yang lalu, obatnya juga telah ditemukan sejak 50 tahun yang lalu, tetapi kasusnya masih tetap menjadi ancaman dunia. Bahkan, tahun 1993 masyarakat dunia menyatakan TB sebagai kedaruratan dunia.

Peringatan Hari TB Sedunia (HTBS) tahun ini di tingkat global mengambil tema On the Move Againts Tuberculosis, Innovate to Accelerate Action yang menggambarkan kebutuhan adanya inovasi baru untuk melakukan akselerasi upaya strategis melawan TB. Di Indonesia tema tersebut diterjemahkan menjadi Inovasi dengan slogan Tingkatkan Inovasi, Percepat Aksi melawan Tuberkulosis.

Ada hal yang memprihatinkan untuk saya sebagai mahasiswa Farmasi, yakni tidak adanya obat baru untuk penderita TB. Berikut kutipannya:

Sekarang ini ada 9 juta pasien baru dan 1,8 jutanya meninggal. Tapi industri farmasi kurang berminat menanam modal dalam pengembangan obat baru TBC. Awal abad ini, ada kerja sama antara kemitraan Stop TBC yang baru didirikan dengan industri farmasi yang mengusahakan pengembangan obat baru juga menarik bagi industri.

Bagaimana, Rekan-rekan Sejawat?

Cheers!

 

Source: herehere, and here

Advertisements

Pastagio, Artemy, and the Meet Up!

Finaly we met 🙂

Udah lama banget ga main bareng mereka, akhirnya bisa main bareng juga minggu lalu, sekalian makan-makannya Lia. Setelah makan bareng di Pastagio (yang kupikir pertamanya di Jalan Gejayan, tapi ternyata di Jalan Palagan..zzz -__-) terus lanjut ke Artemy, kedai es krim gelatto, seberangnya hotel Ibis Malioboro. Dan ga lupa foto-foto ^^

makanan yang kita pesen + desert

Pastagio, Pastagio.. Hmm, gimana ya.. Makanannya enak, tempatnya lumayan asik, dan harganya pun standar lah. Tapi, kalo ada yang mau nanya tempatnya sama saya, wuah jangan harap saya bisa jelasin XDD Bukan apa-apa ya, saya cuma ga ngerti di mana-di mana nya. Pokoknya Jalan Palagan, terus mblasuk-mblasuk, dan kayaknya deket sama Kalimilk (yang banyak juga yang masih bingung di mananya -__-). Hahaha, tapi tempatnya recommended kok! Pelayannya juga oke. Bayangin, kita berlima pesen chocolate cake satu potong, dan mas nya ngerti banget kalo kita mau share cake, dan jadilah cake kita dianter bersama dengan 5 (LIMA) buah sendok kecil. XDD

Artemy's Corners

don't mind my lame face. duh.

Artemy, kedai es krim di seberang Hotel Ibis Malioboro (kalo ini saya ngerti tempatnya ^^). Dari jalan Malioboro bisa keliatan kok. Artemy itu semacam cafe tapi khusus jualan es krim gelatto aja. Tempatnya asik, nyaman, adem, dan mas nya juga baek banget. Harganya satu scoop 10 ribu, tapi kalo beli 2 scoop harganya 15 ribu. Bisa pake cup atau cone. Boleh pake topping juga (ntar es krimnya di campur gitu. Kalo pernah nonton drama korea, ya kaya gitu lah cara nyampurnya. Kalo saya bilang mirip bikin rujak ^^”). Kalo menurut saya sih relatif murah. Varian es krimnya macem-macem. Ada sorbet (es krim dari buah-buahan macam strawberry, blueberry, forrestberry, kiwi, mint, greentea) yang segar, atau es krim manis macam oreo, cookies, rum, dan strawberry cheesecake, tapi adanya tergantung mood yang bikin. Kemaren sih saya pesen campuran forrestberry dan oreo (typical. yesh.) dan rasanya…. i’m craving for moreeeeeee >,< enak! Kalo kata Kolonel Sanders sih, Finger licking good XDD. Recommended!

Puas banget hari itu, jalan2 sama temen2, makan enak, hati puas. Yuk, jalan2 lagi ^^

Cheers!

PS: yang mau ngajakin saya makan2 bareng boleh lohhh 🙂

PPS: I did take the pictures above. Hmeheheheh..

Pray for Japan and The Entire World



#prayforJAPAN

When I arrived home from classes, my mom told me that Japan was hit by a massive earthquake and tsunami.

A massive earthquake has hit the north-east of Japan, triggering a tsunami that has caused extensive damage. The quake has sparked fires in several areas including Tokyo. At least 32 people were killed, officials said. It struck about 250 miles (400km) from the capital at a depth of 20 miles. There have been powerful aftershocks. The tremor, measured at 8.9 by the US Geological Survey, hit at 1446 local time (0546 GMT). Seismologists say it is one of the largest earthquakes to hit Japan for many years.

The top of the Tokyo Tower is bent

Strong waves hit Japan’s Miyagi and Fukushima prefectures, officials said, damaging dozens of coastal communities. Kyodo news agency said a 10-metre wave (33ft) struck the port of Sendai in Miyagi prefecture. Japan’s NHK television showed a massive surge of debris-filled water sweeping away buildings, cars and ships and reaching far inland.

A mother and child crouch on a street in Tokyo while the earthquake hit

 

The view of the tsunami from one of the airports in Japan

Before after view of Tokyo Disneyland. It got flooded by the tsunami wave.

Farmland around Sendai was submerged and the waves pushed cars across the runway of the city’s airport. Fires broke out in the city’s centre. Another fire was reported to be burning in the turbine building of the Onagawa nuclear plant in Miyagi prefecture. The UN’s nuclear agency said four nuclear power plants had shut down safely. Prime Minister Naoto Kan said there had been no radiation leaks.

Some houses were swept out to sea while some burn following the tsunami that hit Japan

Japan earthquake caused a vast whirlpool

Meanwhile:

Pacific ring of fire

A tsunami warning was extended across the Pacific to New Zealand in the south and North and South America to the east.  The Red Cross in Geneva warned that the tsunami waves could be higher than some Pacific islands, Reuters news agency said. Coastal areas in the Philippines, Hawaii and other Pacific islands were evacuated ahead of the tsunami’s expected arrival.

This news is really heartbreaking. I mean, Ive experienced nature disasters before and that’s really traumatic. I do hope no more disaster so that no one suffer from such thing. But I can’t help. Then the news of the tsunami alerts for 53 countries appeared. People panicked. Some were even being insensitive and ignorant. Some were being just such egoists only thing about themselves by telling that they don’t even care about other countries.  And some were blabbering about the end of the world and spreading rumors.

Can you just stop, please? Sit down, take a deep breath, and pray (if you have religions) or hope (for them who don’t believe in god) for them who suffering, for the victims, or for the whole world so that we will be safe. That’s the very least thing that we can do. It will only take a few minutes of your life, really. And I don’t believe that this is the end of the world, or that this is a punishment or whatevs. It’s not, okay? I see people pray for the earthquake and tsunami victims, I see people pray for the victims of conflicted areas, i see people help and volunteering for the recovery. I see people care about other people from the other side of the world, I see hopes and I believe this is not the end of the world 🙂

evacuating the children


Hope Japan recover soon, and so the world ❤

Love!

News from here.

I do not own all the pics above. Pics taken from various sources.

PS: Google has set up a Person-Finder for Japan.