BookAWeek: Secret Garden

Cover depan versi Gramedia

Title: Secret Garden (Taman Rahasia)

Author: Frances Hodgson Burnett

Publisher: Gramedia Pustaka Utama

Sewaktu saya SD, saya mempunyai sebuah buku komik berjudul ‘Secret Garden’ (Himitsu no Hanazono dalam bahasa Jepang) karangan Burnett, yang digambar oleh seorang Jepang. Saya begitu terpesona dengan gambar2 indahnya pada saat itu, dan juga kisahnya tetapi saat itu yang ada dalam pikiran saya adalah gambar yang indah dan pakaian yang bagus. Dan beberapa bulan yang lalu saya menemukan cerita ini versi buku/novel nya. Berikut sedikit ringkasan mengenai cerita ini.

Secret Garden bercerita mengenai seorang anak berumur 10 tahun bernama Mary Lennox yang manja, pemarah, dan berwajah masam. Mary terlahir sebagai anak satu-satunya keluarga British yang tinggal di India. Kedua orang tuanya sibuk dengan urusan mereka sendiri dan mereka meninggalkan Mary dengan Ayah-Ayah (pengasuh) nya, yang memanjakan Mary, karena tidak mau berurusan dengan Mary. Suatu hari, wabah kolera menyebar di India dan membunuh kedua orang tuanya dan semua Ayahnya. Ia lalu dikirim dari India ke Inggris, ke rumah pamannya, Archibald Craven, di Misselthwaite Manor.

Paman Craven masih diliputi duka setelah 10 tahun kematian istrinya, Lily Craven. Untuk mengalihkan kesedihannya, Ia sering kali pergi keliling dunia, sehingga Ia jarang di rumah. Oleh karena itu, Ia menyuruh Mrs. Medlock, kepala pelayan keluarga Craven, menjemput dan mengantarkan Mary ke rumah Paman Craven. Tetapi Mrs. Medlock tidak begitu menyukai kehadiran si anak yang berwajah paling tidak menyenangkan di dunia itu menyuruh pelayan Paman Craven yang lain, Martha Sowerby, untuk menemani dan melayani Mary sehari-hari. Martha lah yang memberitahu Mary tentang Taman Rahasia peninggalan Mrs. Craven, yang ditutup dan dikunci rapat oleh Paman Craven karena membuatnya teringat akan istrinya.

Di rumah Paman Craven yang luas itu, Mary menemukan banyak hal menarik: padang Moor; kisah Martha Sowerby dan saudara2nya yang berjumlah  dua belas orang; cerita mengenai Dickons, salah satu adik Martha, yang bisa berbicara dengan tumbuhan dan hewan; cerita tentang ruang-ruang kosong di rumah besar milik Paman Craven; mendengar jeritan-jeritan menyayat tiap malam, yang ternyata adalah milik Collin – anak Paman Craven, sepupu Mary – yang mengira dirinya akan segera mati karena punggungnya akan bengkok seperti ayahnya; Ben Weatherstaff si tukang kebun pemarah namun sebenarnya baik hati; dan si Burung Robin, yang memberitahunya kunci menuju suatu tempat bernama Taman Rahasia, yang kini menjadi rahasia Mary.

Dibantu oleh Dickon, Mary merawat Taman Rahasia yang terlantar itu. Mereka menanami Taman itu dengan bermacam-macam bibit bunga, menyiangi rumput-rumput yang mengganggu pertumbuhan tanaman, dan juga membantu menghidupkan lagi mawar-mawar yang memenuhi kebun itu. Mary yang merasa kasihan pada Collin pun membagi rahasia tamannya padanya, dan Collin menjadi sangat bersemangat. Mereka melakukan banyak kegiatan yang menyenangkan disana, dan hanya mereka bertiga yang tahu. Bahkan Colin menyiapkan kejutan istimewa untuk ayahnya di dalam kebun itu. Banyak orang terheran-heran terutama karena perubahan fisik dan perilaku dari Mary dan Colin, tetapi tidak ada yang tahu apa yang sebenarnya terjadi di dalam taman.

Ben dan Mrs. Sowerby (Ibu Martha dan Dickon) pun turut membantu ketiga anak itu dalam menghidupkan kembali Taman Rahasia warisan Lily Craven itu. Mrs. Sowerby bahkan menulis surat kepada Paman Craven agar segera pulang ke rumah untuk melihat perkembangan Mary dan terutama putranya, Collin yang semakin hari semakin menunjukkan sisi positif itu. Ketika sampai di rumah, Paman Craven pun mendapatkan suatu kejutan yang tak terkira. Apakah itu?? Baca sendiri yaaa,,, no spoiler😛

Cerita ini menurut saya sangat bagus. Banyak hal yang bisa kita petik dari cerita ini. Emm,, saya agak lupa kalimatnya. Intinya, begitu kita berpikir positif dan berkeinginan kuat maka bumi dan seisinya akan membantu kita mewujudkannya. Dan tentu saja, bekerja keras dan selalu berani memperjuangkan dan meyakini apa yang kita inginkan!

Anyway, inilah review pertama saya. Semoga ga aneh2 banget lahhh😀

Selamat membaca ^^

CheERs!

PS: setelah membaca novelnya, banyak bagian cerita yang berbeda antara komik dan novelnya lho. Humm,, tapi sepertinya versi asli adalah yang dari novel. Dan cerita ini juga sudah diangkat menjadi sebuah film dengan judul yang sama.

2 thoughts on “BookAWeek: Secret Garden

  1. How a beautifull story about hopes and childhood ^.^
    That’s my everlasting favorite story and movie,,
    dulu secara tidak sengaja nonton di tv pas masih SMP sekitar tahun 1998 dan kebayang-bayang terus saking terpesonanya sampai akhirnya awal SMU nemu novelnya yang versi bahasa Inggris. LAngsung deh nabung buat beli, tiap bulan ke toko buku untuk ngecek masih ada ato sudah sold out, giliran tabungan sudah terkumpul novel tersebut sedang sale, alhamdulillah🙂
    Sampai sekarang sudah punya anak, saya masih suka baca, berulang kali meski kadang masih sambil buka Oxford Dictionary, haha
    Setiap kali baca tambah suka dan ingin jadi bahan dongeng buat si kecil nanti,,

  2. uwaaaaa,,, terima kasih mbak astrid udah sharing ceritanya di sini.. wahh keren! baca versi bahasa inggrisnya!!😀 saya malah belum nonton versi TV nya lhooo..

    semoga si kecil juga senang ceritanya yaaa🙂
    salam buat si kecil dan keluarga😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s