Randomness Attack: Kokology

Di twitter dapet promote-an twitternya @mencobabelajar (http://twitter.com/mecobabelajar) yang isinya trivia-trivia pengetahuan umum yang ringan tapi berbobot. Dan fortunately, they have a tumblr. Karena saya lagi fall in love dengan tumblr niii,, saya langsung aja buka tumblr nya (http://mencobabelajar.tumblr.com), follow, dan mulai baca-baca. Banyak info-info pengetahuan umum yang bagus, tapi berhubung saat saya lagi buka-buka waktu lagi ngga ngapa2in, saya lalu nyoba kuis yang ada di tempat itu, namanya KOKOLOGY. Saya gatau maksudnya apa, intinya sihh mengetahui diri kita yang sebenernya gitu… SMP banget yakk??hahaha, ayo kita cobaaaa.. just for fun aja kokk 🙂

KOKOLOGY:

Ambil catetan dan pensil, yang harus kamu lakukan adalah menulis jawaban (hurufnya ajaa) dan bersenang-senang. Pertanyaan-pertanyaan di bawah ini adalah pilihan ganda. Dalam sekitar 10 menit, rahasia hati kamu akan terungkap.

Jujurlah pada diri sendiri.
Jujurlah pada jawaban yang dipilih.
Jangan lihat ke bagian penjelasan dulu sebelum kuis ini selesai.

Sekarang, kalau kamu sudah mengerti peraturannya, ayo dimulai!

1.) Bayangkan ada banyak monster menyeramkan mengancam kota, menurut kamu, apa penyebab kemarahan mereka, kenapa monster-monster itu begitu liar?
a. Mereka lapar dan mencari makanan.
b. Mereka cuma mencari orang yang mereka sayangi yang hilang.
c. Cuma karena mereka monster jelek yang cepat marah.
d. Mereka marah dengan dunia yang menyedihkan ini.

2.) Kamu sedang berjalan di galeri seni dengan santai dan berhenti di sebuah gambar. Kamu melihat dan memandang gambar itu cukup lama, kagum dan terpesona. Gambar seperti apakah itu?
a.) Potret diri.
b.) Pelesetan dari sesuatu.
c.) Abstrak.
d.) Lukisan alam.

3.) Kalau kamu punya penghapus ajaib yang bisa menghapus apapun, apa yang ingin kamu hapus?
a.) Menghapus diri sendiri.
b.) Menghapus kekasih kamu.
c.) Menghapus orang lain.

4.) Kamu sedang berada di galeri (lagi), di tempat yang sama. Saat kamu mengamati gambar itu, seorang pria yang berdiri di sebelah kamu ingin mengatakan sesuatu. Apa yang akan dikatakannya?
a.) “Lukisan yang bagus ya. Bagaimana menurutmu?”
b.) “Apa yang kamu suka dari lukisan ini?”
c.) “Permisi, boleh tahu sekarang jam berapa?”
d.) “Kamu tahu, saya yang membuat lukisan ini.”

5.) Kamu sedang ada di hotel bintang 5 dengan pemandangan langit biru. Kamu tertidur dan tidur siang selama dua jam. Apa yang ingin kamu lihat di luar jendela setelah bangun?
a.) Cahaya matahari di tengah hari di atas laut biru.
b.) Laut bitu gelap yang memantulkan bintang di langit.
c.) Laur biru dingin yang sedikit terlihat di antara kabut.
d.) Matahari yang sedang tenggelam dimana langit dan laut bertemu.

6.) Kamu sedang membaca di ruang tengah saat seseorang mengetuk pintu rumah. Lewat mata kucing, kamu melihat orang yang tak dikenal. Melihat pakaiannya, orang itu adalah seorang teknisi. Teknisi apa orang itu?
a.) Listrik.
b.) Ledeng.
c.) Pendingn ruangan (AC).
d.) Televisi atau stereo.

7.) Kamu adalah seorang superstar yang akan merilis album baru. Apa yang ingin kamu tampilkan sebagai cover?
a.) Pemandangan indah.
b.) Gambar kartun.
c.) Gambar abstrak, sesuatu yang artistik.
d.) Gambar kamu sendiri.

8.) Seorang atasan menyuruh kamu memotong selembar kertas menjadi setengah. Bagaimana cara kamu memotongnya?
a.) Memotong di garis lurus.
b.) Memoton di garis bergelombang.
c.) Memotong di garis zigzag.
d.) Memotong di satu garis melengkung.

9.) Jika kamu harus bunuh diri, cara apa yang kamu pilih?
a.) Menembak diri sendiri.
b.) Minum obat yang banyak.
c.) Gantung diri.
d.) Lompat dari gedung.

10.) Kue bagian apa yang ingin sekali kamu makan?
a.) Bagian strawberry.
b.) Bagian dekorasi yang nggak bisa dimakan.
c.) Bagian yang banyak gulanya.
d.) Bagian hiasan wafer.

11.) Kamu sedang jalan-jalan dan secara tidak sengaja menendang tempat sampah sampai jatuh berantakan. Apa yang kira-kira kamu lihat?
a.) Nggak ada, tempat sampahnya kosong.
b.) Cuma sampah yang menyebar di jalanan.
c.) Hampir semuanya makanan.
d.) Semua sampah sudah dimasukkan ke sebuah kantong dengan rapi.

12.) Kamu sedang nonton TV di ruang tengah dan karena sudah larut, kamu memutuskan untuk tidur. Saat masuk ke kamar, kamu melihat seekor ular di kasur empukmu. Apa yang akan kamu lakukan?
a.) Lari.
b.) Agak kaget tapi nggak terlalu takut. Kamu nggak tau harus ngapain.
c.) Agak kaget tapi nggak terlalu takut, kamu lalu memikirkan cara mengeluarkan ular itu.

13.) Kamu sedang menyetir di tepian laut. Melihat pemandangan indah, kamu memarkirkan mobil dan menggambar pemandangan mempesona ini sebagai kenangan. Bagaimana cara kamu menggambar pohon palem di sebelah kanan kertas?
a.) Lebih tinggi dari sebenarnya.
b.) Sama tinggi dari sebenarnya.
c.) Lebih pendek dari sebenarnya.

14.) Kamu membeli donat isi coklat dari toko kue paling terkenal di kota. Sayangnya, saat dengan senang menggigit satu potongan, kamu sadar donat yang dibeli itu nggak ada isinya. Apa yang akan kamu lakukan?
a.) Kembali ke toto kue dan mencoba menukarnya dengan yang baru.
b.) Berpikir “Mau gimana lagi” dan menghabiskan donat itu.
c.) Dengan kesal melempar donat itu dan membeli makanan lain.
d.) Mencari sesuatu yang untuk mengisi donat dan membuatnya lebih enak.

15.) Ada sebuah telur di depanmu. Telur apakah itu?
a.) Telur ular.
b.) Telur kura-kura.
c.) Telur dinosaurus.
d.) Telur ayam.

answers: http://www.banibiasa.com/2009/05/kokology-kuis-untuk-mengetahui-diri-kita-sebenarnya/

hihi, sounds labil, but almost all the answers are almost close to reality.. hihi~

then, HAVE FUN!!

Cheers!

Advertisements

Global Xchange [2]: Semua Berawal Dari Sini

Global Xchange sudah berakhir kira-kira sebulan yang lalu. Dan sekarang, saya akan mulai pelan-pelan menuliskan catatan pribadi pengalaman saya selama program di blog ini. Cerita tentang Global Xchange di mulai dari cerita ini.

Semua berawal di awal tahun ini

Mimpi saya sedari dulu adalah pergi keluar negri. Lebih senang dan lebih bangga lagi kalau saya pergi keluar negri karena mengikuti Youth Camp, Lomba, Beasiswa, atau mengikuti Student Exchange. Impian saya itu semakin menjadi-jadi setelah saya mengikuti program ALCoB ke Korea Selatan pada pertengahan 2006. Apalagi setelah itu, teman-teman seperjalanan saya ke Gumi lalu banyak yang berkesempatan pergi ke luar negri lagi untuk pertukaran pelajar. Banyak sekali kesempatan yang ada di depan mata saya untuk pergi ke luar negri, namun sepertinya bukan jatah saya. AFS 2007, saya gagal masuk tahap ketiga. APEC Youth Camp 2008 di Peru, saya ternyata belum cukup umur untuk mengikutinya, dan kakak saya lah yang akhirnya berangkat. Saya bertekad untuk mengikuti program AYC tahun 2009 tapi ternyata sudah tidak ada lagi. IELSP 2009, saya belum cukup ‘tahun kuliah’ untuk mengikutinya. AMINEF Global Undergraduate 2010, saya mendapat surat yang memberitahu saya untuk mencobanya lagi tahun depan. Saat itu, saya ngga merasa sedih.

Saya merasa, mungkin bukan jatah saya untuk pergi keluar dengan gratis. Mungkin ini berarti saya harus menabung untuk mewujudkan mimpi. Sampai akhirnya saya menemukan blog ini: http://ibunegara.wordpress.com/2010/01/19/the-global-xchange-good-offers-for-jogjakartanese/

Saat itu semangat saya mengikuti ini tidak begitu besar. Saya tidak mau berharap banyak. Saya mengisi form dan mengirimkannya di saat-saat terakhir tenggat waktu. Hari-hari berlalu dan saya hampir lupa saya mendaftar Global Xchange. Hingga suatu sore, saya dan teman-teman kuliah saya sedang menonton film “Valentine Day“, ditengah-tengah kegelapan bioskop, tiba-tiba sebuah nomer tidak dikenal menelpon saya. Saya pun mengangkatnya dan menjawab sambil berbisik-bisik. “Hallo?” kata saya. Dan seorang wanita di seberang pun membalas dengan berbicara bahasa Inggris. Saya jadi bingung, tapi saya langsung menjawabnya. Ternyata suara wanita di seberang adalah suara Hesti Maharini yang adalah Program Supervisor Global Xchange 101. Ia memberitahukan bahwa saya masuk menjadi 20 besar kandidat volunteer Global Xchange. Saya tidak percaya. Teman di sebelah saya yang mungkin merasa aneh temannya sok-sokan menelpon menggunakan bahasa Inggris pun bertanya,”Ada apa?”. Dan saya menjawab, “Aku masuk 20 besar Global Xchange!!”

Asessment Days

 

Setelah membaca email, karena keterangan yang diberikan lewat telpon kurang jelas, akhirnya diketahui bahwa Asessment Days (Hari Penjurian) dilaksanakan pada 18-20 Februari 2010. Saya pun langsung kebingungan. Tanggal 18 Februari itu adalah hari Wisuda kakak saya. Setelah berkonsultasi dengan Ibu saya, akhirnya diputuskan bahwa saya tidak usah mengikuti upacara Wisuda kakak saya. Akhirnya dengan sedikit merasa bersalah saya pun berangkat menuju Wisma MM UGM. Sampai di MM UGM sudah banyak kandidat yang sudah datang. Saya merasa asing dengan wajah-wajah baru ini, walaupun malam sebelumnya kami sudah berkenalan melalui SMS. Tapi ada beberapa 1-2 orang yang sudah saya kenal sebelumnya dan teman-teman baru saya ini juga baik-baik dan ramah.

Asessment day dilaksanakan selama 3 hari. Hari pertama penjurian dilakukan dengan diskusi kelompok dan teamwork. Hari kedua dan ketiga merupakan tes wawancara dengan 3 juri: Mas Mumu dari British Council Indonesia, Mbak Nora Alumni Global Xchange Kudus, dan Mbak Nurul dari PSKP UGM. Dan pengumuman ke sepuluh orang volunteer Global Xchange setelah selesai wawancara di hari ketiga. 

Saya seharusnya wawancara pada hari ketiga, namun karena ternyata berlangsung lebih cepat dari yang dijadwalkan, maka siapa saja yang ingin wawancara hari itu dipersilakan. Saya ikut makan siang sebelum wawancara di mulai dan ikut melihat teman-teman menunggu dipanggil saat wawancara. Saya ragu-ragu ingin ikut wawancara hari itu atau besok. Akhirnya saya memutuskan untuk wawancara besok, dan kembali ke kampus untuk kuliah. Tapi di tengah-tengah kuliah saya mendapat sms bahwa yang kosong bisa wawancara hari itu juga. Dan saya pun melarikan diri dari kuliah dan naik motor ke Wisma MM. Saya minta Lia untuk membawakan tas saya ke Wisma MM ^^

Menanti panggilan untuk wawancara

The judges

Sampai di Wisma MM ternyata saya mendapat sesi wawancara yang paling akhir. Yap, terakhir untuk hari itu. Sambil menunggu giliran, saya berusaha setengah mati menenangkan diri. Tapiii,, Hambar malah nakut2in saya. Huwaahh.. Akhirnya sampailah saya di ruangan wawancara. Sebelumnya, teman-teman sudah memberitahu pertanyaan apa saja yang ditanyakan. Dan saya juga sudah mempersiapkannya, tapi berhubung saya sangat grogi saat itu, semua jawaban yang sudah disiapkan buyar seketika. Sampai-sampai ada 1-2 pertanyaan yang saya minta untuk di ulang. Saat itu saya berpikir, “Berakhir sudah, saya tidak akan lolos”. Sampai rumah saya meraung-raung, saya sangat yakin kalau saya tidak akan lolos karena saya melihat peserta lain sangat bagus dan berpotensi lolos. Saya pun berdoa pada Tuhan, semoga saya mendapatkan hasil yang terbaik. Lolos atau tidak lolos.

Besoknya, ternyata pengumuman nya di ajukan jadi jam 11, padahal saya tahunya jam 1. Oh no, saya telaaaattt!! Saya lagi makan bareng keluarga tau2 ada sms dan telpon dari Mbak Hez, nyuruh saya buat ke Wisma MM. Langsung saya ngebut ke wisma MM. Sampai sana, semua lagi maen game sambil menunggu saya.. Maaf >,<

Setelah saya datang, langsung Mas Mumu memberikan sepatah dua patah kata. Dan Kami pun dibagi menjadi dua kelompok, satu di dalam ruangan ini satu di luar. Saya pun masuk kelompok yang keluar bersama 9 teman lain. Saya pun kembali lemas. “Pasti saya ga lolos. Ya sudahlah, pasrah, ikhlas..”

Menanti pengumuman

Sampai di taman, mas mumu pun mengumumkan bahwa kami bersepuluh lah yang lolos. Wow, perasaan saya saat itu, tidak percaya. Saya masih nyubit2 tangan sementara teman2 yang lain sujud syukur dan menangis. Tapi akhirnya, saya pun bersyukur pada Tuhan karena diberi kesempatan ini. Dan saya pun langsung menghubungi keluarga dan teman-teman bahwa saya lolos. Padahal kemarennya saya udah hopeless dan yakin banget kalo ga lolos. hehehe 😀

Setelah pengumuman lolos itu, perjalanan saya menuju Inggris masih panjang, banyak halangan dan ujian yang harus kami lalui sebelum akhirnya kami benar2 memulai program ini dan berangkat ke Inggris. Tapi yang pasti setelah saya lolos, saya percaya bahwa mimpi-mimpi saya bisa terwujud. Saya ga pernah menyangka bahwa saya bisa sampai Inggris dari yang awalnya hanya iri melihat teman-teman saya mondar mandir ke luar negri, sekarang saya bisa sampai Inggris.

Teruslah bermimpi, berusaha, dan berdoa. Ketika satu impianmu tak tercapai jangan putus asa, karena Tuhan pasti sudah menyiapkan rencana yang lebih baik. 🙂

Cheers!

*aiihh, tumben saya bisa nulis kata2 (sok) bijak ini :”>*

Training pertama

Randomness Attack: What Is Love?

What is Love?

Are your palms sweaty, is your heart racing, and is your voice caught between your voice? – it isn’t love, it’s like.

You can’t keep your hands off of them, am I right? – it isn’t love, it’s just lust.

Are you proud, and eager to show them off? – it isn’t love, it’s pride.

Do you want them because you know they’re there? – it isn’t love, it’s loneliness.

Are you there because it’s what everyone wants? – it’s not love, it’s loyalty.

Are you there because they kissed you, or held your hands? – it isn’t love, it’s low confidence.

Do you stay for their confession of love, because you don’t wanna hurt them? – it isn’t love, it’s pity.

Do you belong to them because their sight makes your heart skip a beat? – it isn’t love, it’s infatuation.

Do you pardon their faults because you care about them? – it isn’t love, it’s a friendship.

Do you tell them every day that they are the only one you think of? – it isn’t love, it’s a lie.

Are you willing to give your favourite things for their sake? – it isn’t love, it’s a charity.

Does your heart ache and break when they’re sad? – then it’s love.

Do you cry for their pain, even when they’re strong? – then it’s love.

Do their eyes see your true heart, and touch our soul so deeply it hurts? – then it’s love.

Do you stay because a blinding, incomprehensible mix of pain and relation pulls you close and hold you there? – then it’s love.

Do you accept their faults because they’re part of who they are? – then it’s love.

Are you attracted to others, but stay with them faithfully without regret? – then it’s love.

Would you give them your heart, your life, your death? think about it for a second.

Cheers!

taken from: http://raeplum.tumblr.com/post/494076734/o-o-well-maybe-thats-where-i-went-wrong-last

BookAWeek: Life of Pi

Kisah ini akan membuat orang percaya pada Tuhan

Judul Buku: Life of Pi (Kisah Pi)

Pengarang: Yann Martel

Penerbit: Gramedia

Sewaktu di Luton, saat itu saya, Denty, dan Mazia mampir ke HMV, sebuah toko kaset, CD,DVD, dan buku. Saat melihat-lihat di area buku, Denty menemukan sebuah buku dengan cover depan yang unik. Ternyata buku itu berjudul “Life of Pi”. Denty dan Mazia sudah membaca buku itu, dan menurut mereka buku ini worth to read. Dan saya pun langsung kepingin baca buku itu.

Begitu sampai di Jogja, saya pun langsung mencari buku ini dan membacanya…

Life of Pi menceritakan kisah kehidupan seorang anak laki-laki India yang berasal dari Pondicherry bernama Pi yang bertahan selama 227 hari terapung di atas sekoci di Samudra Pasifik setelah karamnya kapal yang Ia tumpangi. Kisah diawali dengan cerita Pi dewasa yang mengingat kembali kisah masa kecilnya di India.

Nama asli Pi adalah Piscine Molitor Patel yang diambil dari nama sebuah kolam renang. Namun saat memasuki remaja, Ia pun mengganti nama panggilannya dengan Pi karena Ia muak dipanggil teman-temannya dengan sebutan “Pissing Patel” . Ia tinggal dengan keluarganya, Ayah, Ibu, dan kakak laki-lakinya yang bernama Ravi; dan keluarga itu memiliki kebun binatang.

Pi lahir di keluarga yang memeluk agama Hindu. Sejak kecil ia sudah dibawa ke kuil dan ia merasa damai berada di dalam kuil. Ia juga bersekolah di sekolah Katolik. Suatu hari, Ia dan keluarganya sedang berlibur ke suatu tempat. Di tempat itu terdapat sebuah gereja, ketika Ia masuk ke gereja itu Ia bertemu seorang pastur dan berbincang dengannya. Selama liburan di kota itu Pi sering mengunjungi gereja itu dan berdiskusi tentang kekristenan dengan sang Pastur. Pi juga sering mengikuti misa. Hari terakhir liburan keluarga, Ia berlari ke gereja itu dan berkata “Pastur, aku ingin menjadi Kristen”.

Suatu hari Pi jalan-jalan keliling kampung dan menemukan pemukiman Muslim. Ia melihat beberapa masjid. Hingga sampailah Ia di warung seseorang. Pemilik warung itu sedang melaksanakan ibadah sholat, dan Pi terpesona olehnya. Hingga ia juga memeluk agama Islam.

Pi, dalam usia belasan tahun, mencoba untuk memahami Tuhan dengan cara mendalami agama-agama itu, dan akhirnya menyadari kebaikan tiap-tiap agama. Ia sembahyang di kuil, misa di gereja, dan melakukan sholat Jumat di Masjid.

Lalu karena keadaan politik yang tak menentu di India, keluarganya memutuskan untuk pindah ke Canada dengan naik kapal, dan menjual kebun binatang itu. Beberapa binatang ikut dalam angkutan kapal itu juga. Namun, kapal itu tenggelam. Seluruh keluarganya juga mati, namun Pi selamat karena berhasil naik sekoci bersama harimau Bengal yang bernama Richard Parker, seekor zebra, seekor hyena, dan seekor orangutan betina yang bernama Orange Juice. Mereka bertahan hidup di atas sekoci itu. Namun kelamaan, hyena itu mulai kelaparan dan memangsa si Zebra, lalu si Orange Juice, walaupun normalnya Hyena bukan predator Orangutan karena mereka tidak pernah tinggal di habitat yang sama. Lalu akhirnya Hyena itu dimangsa oleh Richard Parker yang kelaparan.

Hal itu menyebabkan Pi menjadi satu-satunya yang tertinggal bersama Richard Parker. Di sekoci tersebut tersimpan bahan-bahan makanan, air bersih, obat-obatan, selimut, dan barang-barang lain untuk bertahan hidup. Namun lama-kelamaan persediaannya mulai menipis. Pi mulai memancing ikan untuk ia makan dan juga untuk Richard Parker, yang ia beri makan agar harimau itu tak akan memangsanya hidup-hidup karena kelaparan. Selain itu, Pi ingin Richard Parker tetap hidup agar ia tidak sendirian di atas kapal itu.

Bayangan mengenai hidup sendiri di atas sekoci ini lebih buruk daripada terjebak di sini bersama seekor harimau dengan berat 225 kilogram

Mulai saat itu, Pi bertekad untuk menjinakkan Richard Parker. Ia memberinya makan dan minum dan melatihnya. Berbekal sebuah peluit, Pi menunjukkan bahwa Ia adalah majikan, dan Richard Parker harus menurutinya.

Pi sering mengalami halusinasi. Pakaian dan selimutnya habis dimakan waktu dan cuaca. Persediaan makanan, minum, dan obat-obatan juga habis. Ia lalu mulai memakan penyu, rokok, bahkan saking laparnya Ia pernah memakan kotoran Richard Parker. Banyak hal yang di alami Pi selama di atas sekoci: bertemu seorang survival lain, melihat kapal pengangkut minyak, dan menemukan pulau yang memangsa makhluk hidup. Dibalik segala kegilaan itu, Pi bertahan selama 227 hari dan berhasil mencapai daratan Mexico.

Di Meksico, Ia diinterogasi oleh Marinir Jepang tentang tenggelamnya kapal itu, dan apa penyebabnya. Jadi Pi pun menceritakan kisahnya bersama binatang-binatang itu, tetapi marinir itu tidak percaya akan kisahnya. Jadi Pi pun menceritakan kisah lain yang lebih masuk akal, bagi Marinir Jepang itu.

Pi bertanya, yang manakah yang lebih menarik, dan mereka mengatakan cerita yang ada binatangnya.

Saya terkesan sekali dengan buku ini, dengan imaji-imajinya, dengan simbol-simbolnya, dengan life lessonnya, dan juga dengan bagaimana buku ini membuat saya bingung: ini kisah nyata bukan sih? And it strucks me kalau saya seperti Marinir Jepang itu yang tak percaya kebenarannya namun sangat suka dengan cerita itu.

Well, tidak banyak yang bisa saya katakan mengenai buku ini selain: Anda wajib membacanya. Silakan membaca sendiri, dan temukan banyak hal menarik di dalamnya 🙂

Selamat membaca!

Cheers

Randomness Attack: Old Folder

Sewaktu bersih2 Lappy, saya nemu folder yang isinyaaa,,, errr, kata2 bijak?? huaahaha ga yakin d.. pokoknya folder jaman SMP SMA kayaknya. Jaman2 galau (dan labil), nice words tho.. ahh, gitu lahh.. Ini saya share salah satu yang paling saya sukai. Enjoy 😉

Bermimpilah tentang apa yang
ingin kamu impikan, pergilah ke tempat-tempat
kamu ingin pergi. Jadilah seperti yang kamu
inginkan, karena kamu hanya memiliki satu
kehidupan dan satu kesempatan untuk melakukan
hal-hal yang ingin kamu lakukan. Semoga kamu
mendapatkan kebahagiaan yang cukup untuk
membuatmu baik hati, cobaan yang cukup untuk
membuatmu kuat, kesedihan yang cukup untuk
membuatmu manusiawi, pengharapan yang cukup
untuk membuatmu bahagia dan uang yang cukup
untuk membeli segala keperluanmu. Ketika satu
pintu kebahagiaan tertutup, pintu yang lain
dibukakan. Tetapi acap kali kita terpaku terlalu
lama pada pintu yang tertutup sehingga tidak
melihat pintu lain yang dibukakan bagi kita.

Short post and really random 🙂

Cheers!

*Disclaimer: I do not own the picture above. Source: http://amagicalplacetobe.tumblr.com/post/1137091016/i-shall-entitle-this-books-in-autumn-and

BookAWeek: Secret Garden

Cover depan versi Gramedia

Title: Secret Garden (Taman Rahasia)

Author: Frances Hodgson Burnett

Publisher: Gramedia Pustaka Utama

Sewaktu saya SD, saya mempunyai sebuah buku komik berjudul ‘Secret Garden’ (Himitsu no Hanazono dalam bahasa Jepang) karangan Burnett, yang digambar oleh seorang Jepang. Saya begitu terpesona dengan gambar2 indahnya pada saat itu, dan juga kisahnya tetapi saat itu yang ada dalam pikiran saya adalah gambar yang indah dan pakaian yang bagus. Dan beberapa bulan yang lalu saya menemukan cerita ini versi buku/novel nya. Berikut sedikit ringkasan mengenai cerita ini.

Secret Garden bercerita mengenai seorang anak berumur 10 tahun bernama Mary Lennox yang manja, pemarah, dan berwajah masam. Mary terlahir sebagai anak satu-satunya keluarga British yang tinggal di India. Kedua orang tuanya sibuk dengan urusan mereka sendiri dan mereka meninggalkan Mary dengan Ayah-Ayah (pengasuh) nya, yang memanjakan Mary, karena tidak mau berurusan dengan Mary. Suatu hari, wabah kolera menyebar di India dan membunuh kedua orang tuanya dan semua Ayahnya. Ia lalu dikirim dari India ke Inggris, ke rumah pamannya, Archibald Craven, di Misselthwaite Manor.

Paman Craven masih diliputi duka setelah 10 tahun kematian istrinya, Lily Craven. Untuk mengalihkan kesedihannya, Ia sering kali pergi keliling dunia, sehingga Ia jarang di rumah. Oleh karena itu, Ia menyuruh Mrs. Medlock, kepala pelayan keluarga Craven, menjemput dan mengantarkan Mary ke rumah Paman Craven. Tetapi Mrs. Medlock tidak begitu menyukai kehadiran si anak yang berwajah paling tidak menyenangkan di dunia itu menyuruh pelayan Paman Craven yang lain, Martha Sowerby, untuk menemani dan melayani Mary sehari-hari. Martha lah yang memberitahu Mary tentang Taman Rahasia peninggalan Mrs. Craven, yang ditutup dan dikunci rapat oleh Paman Craven karena membuatnya teringat akan istrinya.

Di rumah Paman Craven yang luas itu, Mary menemukan banyak hal menarik: padang Moor; kisah Martha Sowerby dan saudara2nya yang berjumlah  dua belas orang; cerita mengenai Dickons, salah satu adik Martha, yang bisa berbicara dengan tumbuhan dan hewan; cerita tentang ruang-ruang kosong di rumah besar milik Paman Craven; mendengar jeritan-jeritan menyayat tiap malam, yang ternyata adalah milik Collin – anak Paman Craven, sepupu Mary – yang mengira dirinya akan segera mati karena punggungnya akan bengkok seperti ayahnya; Ben Weatherstaff si tukang kebun pemarah namun sebenarnya baik hati; dan si Burung Robin, yang memberitahunya kunci menuju suatu tempat bernama Taman Rahasia, yang kini menjadi rahasia Mary.

Dibantu oleh Dickon, Mary merawat Taman Rahasia yang terlantar itu. Mereka menanami Taman itu dengan bermacam-macam bibit bunga, menyiangi rumput-rumput yang mengganggu pertumbuhan tanaman, dan juga membantu menghidupkan lagi mawar-mawar yang memenuhi kebun itu. Mary yang merasa kasihan pada Collin pun membagi rahasia tamannya padanya, dan Collin menjadi sangat bersemangat. Mereka melakukan banyak kegiatan yang menyenangkan disana, dan hanya mereka bertiga yang tahu. Bahkan Colin menyiapkan kejutan istimewa untuk ayahnya di dalam kebun itu. Banyak orang terheran-heran terutama karena perubahan fisik dan perilaku dari Mary dan Colin, tetapi tidak ada yang tahu apa yang sebenarnya terjadi di dalam taman.

Ben dan Mrs. Sowerby (Ibu Martha dan Dickon) pun turut membantu ketiga anak itu dalam menghidupkan kembali Taman Rahasia warisan Lily Craven itu. Mrs. Sowerby bahkan menulis surat kepada Paman Craven agar segera pulang ke rumah untuk melihat perkembangan Mary dan terutama putranya, Collin yang semakin hari semakin menunjukkan sisi positif itu. Ketika sampai di rumah, Paman Craven pun mendapatkan suatu kejutan yang tak terkira. Apakah itu?? Baca sendiri yaaa,,, no spoiler 😛

Cerita ini menurut saya sangat bagus. Banyak hal yang bisa kita petik dari cerita ini. Emm,, saya agak lupa kalimatnya. Intinya, begitu kita berpikir positif dan berkeinginan kuat maka bumi dan seisinya akan membantu kita mewujudkannya. Dan tentu saja, bekerja keras dan selalu berani memperjuangkan dan meyakini apa yang kita inginkan!

Anyway, inilah review pertama saya. Semoga ga aneh2 banget lahhh 😀

Selamat membaca ^^

CheERs!

PS: setelah membaca novelnya, banyak bagian cerita yang berbeda antara komik dan novelnya lho. Humm,, tapi sepertinya versi asli adalah yang dari novel. Dan cerita ini juga sudah diangkat menjadi sebuah film dengan judul yang sama.

This.

Author’s note: this is not important at all. unless you really have nothing to do, it’s really ok to skip this one :))

I’m the type of that lazy girl. Keep on delaying anything until the very last minute, that’s why I call my self “Queen of Last Minute”. On anything. Well, so far, I’m lucky enough. Nothing has troubled me, because of the delays. But, until when I can keep on delaying things??

Same thing goes on this blog. The time I decided to have a blog after so long time lurking on others (people called it ‘blog-walking’, jsyk ;)), I had an idea to share anything i have while practicing my writing skill (despite the fact that i envy the people who can write really well with their blogs). So by having this blog. i pushed my self to keep on writing, to flash back about anything in my life tho it’s not that important anyway. Of course the first time it was really nice and fun to write here. Just like first day of school, with the new books, and still hyped up with that oh-this-year-will-be-fun spirit. 

By the time goes by, there were always excuses to delay the entry.  It still a fun thing and refreshing when I’m blogging here, really. Also it’s so fun watch the hits, and see the comments. And the ideas for new posts are here and there, flying inside my brain. But again, it’s my lazziness rule 😦

Well, what am I talking about? hahaha, sorry for the rants ^^ I come to write this with some so-called-solution for my own rant. I will have this ‘one thing each week’:

1. book-a-week: will post my book review, everyday. The book is based on my choice, whether i have read it or my  most wanted books review.

2. photos in a post: will post a photoset in one post. any photo, whether i took it my self, or from tumblr/flickr which being my inspiration lately.

3. randomness attack: any random post from me is forgiven :))

well, that will be my weekly entries start from next Monday. Of course my (another) delayed post about GX will keep on going, and same thing goes the same for any info about scholarship or competition.

Hopefully, i can fight this laziness and keep on writing ^^