The Sound of Music

Saya belum pernah nonton film The Sound of Music sebelumnya.. yeaaa, lame, i know.. Tadi pagi saya tiba2 kesambet pengen denger versi sound of musicnya do re mi. Tau kan, yang liriknya kayak gini:

Doe, a deer, a female deer
Ray, a drop of golden sun
Me, a name I call myself
Far, a long, long way to run
Sew, a needle pulling thread
La, a note to follow Sew
Tea, a drink with jam and bread
That will bring us back to Do (oh-oh-oh)

 

Naaa, trus buka youtube n nemu videonya ini…

http://www.youtube.com/watch?v=Bw7lxdiL7NI

waaahhh,, saya jatuh cinta abis sama videonya… trus saya juga langsung ngeliat related video lain sebangsa edelweiss dan saya sukaaaa banget sama lagu2nya, pemain2nya, dan spertinya ceritanya juga keren !! XDD Saya pengen nonton filmnyaa~!! ada yang punya? saya pinjam dong..hehe.. Lagipula saya sering denger ada yang udah nonton filmnya, dapet darimana sih filmnya? huhu, irii..

The Sound of Music aslinya adalah musikal Broadway yang pertama kali dipentaskan pada November 1959 yang pertama kali dibintangi oleh Mary Martin dan Theodore Bikel. Karena sangat populer, Sound of Music lalu dibuat versi filmnya pada tahun 1965 yang disutradarai oleh Robert Wise dan dibintangi oleh Julie Andrews sebagai Maria dan Christopher Plummer sebagai kapten Von Trapp.

Film yang bersetting di Austria ini bercerita tentang Maria, seorang calon biarawati, yang dikirim oleh biaranya untuk membantu merawat ketujuh anak Kapten Georg Von Trapp yang ibunya sudah meninggal. Pada awalnya Maria mengalami banyak masalah; kapten von Trapp masih diliputi kesedihan karena ditinggalkan oleh istrinya (tidak boleh ada musik di rumah itu, karena kapten tidak mau diingatkan tentang istrinya) mengasuh anak-anaknya secara militer yang mana cara seperti itu tak disukai oleh Maria.

Didikan ala militer

Anak-anak von Trapp bernama: Liesl yang beranjak remaja, Friedrich si Pendiam, Louisa si Penyendiri, Kurt yang Keras kepala, Brigitta yang Sarkastik, dan yang paling muda Marta dan Gretl (kok kayak tujuh kurcaci di cerita Snow White yakk?hehe..). Awalnya kehadiran Maria tidak disukai oleh anak-anak von Trapp itu, namun lambat laun mereka dapat menerima kehadiran Maria di tengah keluarga von Trapp.  Maria mengajari anak-anak itu berbagai macam lagu yang menarik, dan mendidik mereka buken ala militer. Maria pula lah yang mensupport Liesl, yang mulai mengenal cinta, untuk menyelinap dari rumah untuk menemui Rofl si tukang pos sepeda.

Perhatian Kapten von Trapp tersita akan kehadiran seorang Baroness Elsa Schraeder, seorang socialite kaya dari Vienna. Suatu hari von Trapp menemukan anak-anaknya memanjat pohon di halaman dan ia menjadi sangat marah pada Maria, dan menyuruhnya untuk kembali ke Biara, namun pikirannya berubah ketika anak-anaknya mempersembahkan lagu ‘The Sound of Music’ kepada sang Baroness dan meminta Maria untuk tetap tinggal merawat anak-anaknya. Baroness menjadi cemburu kepada Maria, dan merasa bahwa Maria dan Kapten von Trapp menyimpan suatu perasaan satu sama lain, yang menurutku bisa dilihat waktu kapt. von Trapp nyanyi lagu Edelweiss, hehe sotoy2 dikit dehh. Lalu Baroness memaksa Maria untuk pergi meninggalkan rumah itu, kembali ke biara.

ni pas lagi nyanyiin Edelweiss..

Di biara, kepala biara tak tahan melihat Maria dan menyuruhnya untuk ‘climb ev’ry mountains’ (kayaknya ini judul lagu deh, makanya ga dijadiin bahasa Indo, mulai sotoy lagi) untuk mencari petunjuk Tuhan, dan rencanaNya untuk hidup Maria. Lalu entah kenapa anak-anak von Trapp mengunjungi Maria di Biara dan mengajaknya untuk kembali ke rumah mereka. Sampai di rumah mereka Kapten dan Baroness melangsungkan pertunangan mereka.

.

.

.

Akhirnya (lho? hahaha) entah gimana mereka menikah.

sebenernya itu belum selesai teman-teman, masih ada cerita tentang bulan madu mereka dan konser musikal anak-anak mereka, tapi tiba2 pecah pemberontakan Nazi gitu, dan ceritanya rada ribet..hahaha, MAAF!!! saya terlalu males melanjutkan.. soalnya part yang saya suka udah selesai sih XPP dan maklum aja kalo ceritanya supeeer panjang, soalnya diangkat dari panggung broadway yang aslinya emang panjang. Dan cerita yang dibuat dalam film sudah mengalami berbagai adaptasi dari cerita aslinya. Beberapa adaptasi tersebut adalah:

  • Maria sebenarnya dikirim untuk merawat salah satu anaknya yang terkena skarlatina (scarlet fever), bukan untuk mengasuh seluruh anaknya. Penyakit ini juga telah membunuh Agathe, istri pertama sang Kapten.
  • Nama asli dari anak-anak Von Trapp adalah Maria, Rupert, Agathe, Werner, Hedwig, Johanna, dan Martina.
  • Sebenarnya, keluarga Von Trapp tidak langsung mengungsi melainkan hidup beberapa tahun di Austria, dan mereka kabur ke Italia yang kemudian berlanjut ke Amerika Serikat, bukan ke Swiss

 

btw, katanya kalo nonton film ini bakal bikin kita kepengen ke tempat anak-anak von Trapp tinggal. Soalnya pemandangannya baguuuuusss banget, lembah yang dikelilingi pegunungan bersalju, dan di akhir mereka di Swiss dan ada pegunungan Alpen juga…ahhh,,, jangan2 ketemu Heidi yaa?? :)

Banyak lagu-lagu bagus dan memorable dari film ini, dan kayaknya lagu-lagunya ga pernah usang untuk dinyanyikan, contohnya do re mi, edelweiss, the sound of music climb ev’ry mountains (tuh kan, beneran judul lagu…*bangga XD), dll.

hmm, saya suka banget sama film musical, dan saya kepengen banget nonton ini. Apalagi film ini in banget jaman itu (bahkan sampe sekarang), dan pengen ngeliat akting Julie Andrews dan kualitas vokalnya sebelum operasi amandel beberapa tahun lalu. dan saya akui, kecantikan Julie Andrews waktu main di sound of music masih keliatan sampe sekarang!! woww… salut dehh…

masih ada nggak sih yang jual film ini? atau di rentalan gitu? kalo ada yang tau atau pernah liat kasih tau saya yaa… im dying to watch this fab movie TT

thx for reading, and apologize my fail and lame writings TT

cheers

11 thoughts on “The Sound of Music

  1. tau gak tik,aku jg beloom pernah nonton. kayaknya sih pas kecil pernah nonton di tivi sama kakaku. tapi lupa *amnesia*
    hehehhehehee

    • wahhh, inul komen d blog kuu!!! mb inul, buka inul vista dong d jogja <- bodoh -__-"

      sapa yaaa?hahaha

      iyaa, di tv kayaknya pernah ada, tapi kayaknya juga udah lamaaaa banget itu, dan pas itu ga tertarik buat nonton hehehe :D
      huhu, pengen nonton TT

  2. chappy, tak pikir kamu udah nonton. hahaha…
    tiwas aku menanti kata: ayo ayo..siapa yg mau ngopas, ngopas aja. hohohoho…

    masak beneran sih ndak ada di rentalan?

    duh..jadi penasaran nii…*gara2 chappy [hammer]

    bdw, add link blog saya dunk…eheheehe….

  3. hellou tika…inget ane kaga?niha nih ^__^
    pas searching The Sound of Music, nemu tulisan, dan ealah yang muncul site-mu.
    no coincidence yaa~
    howaya…? hope you are doing fine there.

    eniwei, aku juga suka lagu2 di film ini.
    baru nyari2 yang versi aslinya, klo ada yang punya aku dikasi donk. . . .

    pas SMA dulu aku nonton film ini bareng2 sama temen sekelas, kebetulan guru English-ku punya, and wow! ini film highly recommended untuk ditonton.
    I’m lucky! krn trnyata susah ya nyarinya.huehehe
    I was shocked, Julie Andrews-nya masih muda!
    padahal pas princess diaries keladi bangeet.

    Nice

  4. NIHAAA!!!! tau dongggg ^^ *ak ga sepikun itu kokk ^^*
    thanks for dropping by here ^^

    wahhh,, kok kebetulan banget yaaa, malah dapet blogku??haha..

    nyari lagu yang video klip aslinya di youtube buanyak kok..cuma ya itu, berhubung film jadul jelek gambarnya hehehe..

    yupp julie andrews nya masih gadis tuhh.. tapi di princess diary juga masih oke gitu.. palingan suaranya aja yg berubah abis operasi amandel fufufu…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s